Analisis Kelayakan Bisnis Umkm Depot Air Minum “Aquadam” dengan Metode SWOT, Payback Period, NPV dan IRR Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan Usaha

Penulis

  • R.M Sugengriadi Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Muhammad Mirfak Arfan Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Rachmanda Anggit Prabowo Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

UMKM, Analisis SWOT, Payback Period, NPV, IRR

Abstrak

Usaha depot air minum “aquadam” adalah sebuah usaha isi ulang air minum yang sudah mulai beroperasi pada bulan Desember tahun 2022. permintaan pesanan antar jemput galon meningkat serta kurangnya jumlah pegawai di depot air minum “aquadam” menjadi sebuah kendala. Masalah keuangan depot air minum “aquadam” juga perlu diperhatikan mengingat usaha yang baru berjalan. Mengevaluasi potensi pasar dilihat dari analisis SWOT dan Matriks SWOT. Analisis aspek keuangan berdasarkan metode payback period, NPV, dan IRR. menentukan usaha layak dijalankan untuk jangka panjang. Hasil diagram analisa SWOT, diketahui bahwa koordinat vector arah pada sumbu X sebesar 0,35 dan pada sumbu Y sebesar 0,18 dengan demikian dapat dilihat bahwa posisi usaha berada pada kwadran satu (Growth) atau agresif. Payback Period adalah 2 tahun. Hasil NPV (Net Present Value) sebesar Rp 246.807.699,-. Hasil IRR (Internal Rate of Return) adalah sebesar 49%. Hasil studi kelayakan bisnis pada depot air minum “aquadam” menyatakan bahwa usaha ini layak dikembangkan dan dilaksanakan untuk jangka panjang.

Referensi

[1] T. Tambunan, “UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan,” 2021.

[2] J. ilmiah M. dan bisnis S Rahmadani, Makmur, SE., MMA - Hirarki, “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek,” journal.upp.ac.id, vol. 1, no. 1, pp. 76–83, 2019, Accessed: Dec. 29, 2023. [Online]. Available: http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/662

[3] F. Rangkuti, “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis - Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21,” PT Gramedia Pustaka Utama, p. 69, 2006, Accessed: Jan. 19, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books/about/Analisis_Swot_Teknik_Membedah_Kasus_Bisn.html?hl=id&id=UHV8Z2SE57EC

[4] M. Agus Sucipto, Study kelayakan bisnis/ Drs. Agus Sucipto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. 2010. Accessed: Feb. 05, 2024. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=622807

[5] M. Dian Wijayanto, SPi, MM, Pengantar Manajemen. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

[6] Sobarsa Kosasih, Manajemen Operasi Internasional, Cet. 1. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2009.

[7] R. M. Sugengriadi, D. A. Taufik, and T. Harsaputra, “Analisis Defect Low Ply Bond Dengan Metode Define , Measure , Analyze , Improve , Control ( DMAIC ) Pada Produk Core Board Grade A,” vol. 2, no. 1, pp. 33–45, 2023.

[8] “Cara dan Syarat Mendirikan Depot Air Minum Isi Ulang.” https://tirto.id/cara-dan-syarat-mendirikan-depot-air-minum-isi-ulang-esPr (accessed Jan. 16, 2024).

[9] M. H Nasir Asman, STUDI KELAYAKAN BISNIS (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0) -

Nasir Asman, M.M. 2021. Accessed: Jan. 19, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=54ESEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=aspek+pemasaran+studi+kelayakan+bisnis&ots=iYzn6vN1PR&sig=PSpmLvYmfXMnPbs0w95u-amkcCs&redir_esc=y#v=onepage&q=aspek pemasaran studi kelayakan bisnis&f=false

[10] F. Rangkuti, Personal SWOT Analysis. PT Gramedia Pustaka Utama, 2015.

[11] M. Yully Christine, “Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Produk UMKM Uyah Pencok Banjarbaru,” J. Ilm. Ekon. Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 103–109, Aug. 2023, doi: 10.35972/JIEB.V9I1.1124.

[12] D. Simbolon et al., “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Toko Sembako ‘Banyu Urip’ Ditinjau dari Aspek Keuangan dan Pemasaran,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 3973–3979, Jan. 2024, doi: 10.31004/INNOVATIVE.V4I1.8197.

[13] Laila nabilah, “Analisa faktor internal (IFE), eksternal (EFE), Matriks SWOT dan Diagram Cartesius pada UMKM Restoran Olive Chicken,” 2023, Accessed: Jun. 15, 2024. [Online]. Available: https://medium.com/@lailanabilah2806/ompi-analisa-faktor-internal-ife-eksternal-efe-matriks-swot-dan-diagram-cartesius-pada-umkm-96877e9bdc48

[14] R. A. Putra et al., “Analisis SWOT Pada Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM)"DONATOCHI",” J. USAHA, vol. 4, no. 1, pp. 39–45, Jun. 2023, doi: 10.30998/JUUK.V4I1.1607.

[15] F. Rangkuti, “Manajemen persediaan,” 2018, Accessed: Dec. 03, 2023. [Online]. Available: https://repo.pelitabangsa.ac.id/xmlui/handle/123456789/1577

[16] T. Y. Niken SH, “ANALISIS SWOT PADA UMKM BOLA UBI LUMER CRISPY UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI DAN DAYA SAING,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2023. https://jebiman.joln.org/index.php/jebiman/article/view/71 (accessed Feb. 10, 2024).

Unduhan

Diterbitkan

09-10-2024

Terbitan

Bagian

Artikel