Menurunkan Produk Defect Pada Assy 32100-K2V-N410-IN Dengan Menggunakan Metode SQC (Statistical Quality Control) Dan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) Di PT XYZ

Penulis

  • Sugengriadi Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Muhammad Luthfi Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

pengendalian kualitas, SQC, FMEA.

Abstrak

PT. XYZ adalah salah satu perusahaan wiring harness (body kabel motor) yang sesuai dengan pesanan pelanggan. Wiring harness adalah salah satu bagian kendaraan bermotor yang merupakan rangkain circuit/wire yang berfungsi sebagai penyaluran listrik dari suatu bagian ke bagian yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui defect dominan, faktor apa saja yang menyebabkan defect,mengetahui apakah data defect terkendali atau tidak, meminimalsir defect sebesar 15% dengan Metode SQC (Statistical Quality Control) dan FMEA (Failure Mode and Effects Analysis). SQC ialah suatu teknik penyelesaian masalah dengan cara mengecek, mengendalikan, mengawasi, menganalisis, mengelola serta memperbaiki produk maupun proses memakai metode statistika (peta kendali), sedangkan FMEA adalah metode analisisa kesalahan yang muncul dari proses perancangan suatu pekerjaan rancangan. Hasil dari penelitian ini adalah banyaknya defect yang sering terjadi adalah wire tegang dengan jumlah persentase 28% dan penyebab dominan dari defect wire tegang adalah metode penyuplaian yang tertukar dan material yang minus dengan jumlah RPN yaitu 336 dan 253. Setelah dilakukannya perbaikan maka didapat hasilnya ada penurunan defect sebesar 15% dari data defect perbaikan sebesar 23%.

Referensi

Andespa, I. (2020). Analisis Pengendalian Mutu Dengan Menggunakan Statistical Quality Control (Sqc) Pada Pt. Pratama Abadi Industri (Jx) Sukabumi. E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, 2, 129.

Anggraini, D., & Farid, F. M. (2022). PETA KENDALI MULTIVARIAT np. RAGAM: Journal of Statistics & Its Application, 1(1), 74-87.

Bakhtiar, S., Tahir, S., & Hasni, R. A. (2013). Analisa pengendalian kualitas dengan menggunakan metode statistical quality control (SQC). Industrial Engineering Journal, 2(1).

Devani, V., & Wahyuni, F. (2017). Pengendalian kualitas kertas dengan menggunakan statistical process control di paper machine 3. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 15(2), 87-93.

Firmansyah, M., Lomi, A., & Gustopo, D. (2017). Meningkatkan Mutu Kain Tenun Ikat Tradisional Di Desa/Kelurahan Roworena Secara Berkesinambungan Di Kabupaten Ende Dengan Pendekatan Metode TQM. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 3(1), 5-13.

Handes, D. S. K. N. L. W. A. M., Susanto, K., Novita, L., & Wajong, A. M. (2013). Statistical quality control (SQC) pada proses produksi produk ā€œEā€ di PT DYN, TBK. Inasea, 14(2), 177-186.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Krisdayanti, S., & Moektiwibowo, H. (2018). Pengendalian kualitas komponen mobil dengan metode SQC (statistical quality control). Jurnal Teknik Industri, 5(1).

Menurut Sofjan Assauri (1998), pengendalian dan pengawasan adalah : Kegiatan yang dilakukan untuk menjamin agar kegiatan produksi

Munawaroh, M. (2005). Analisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pada industri pendidikan di Yogyakarta. Jurnal Siasat Bisnis.

Oktaviani, A. (2018). Pengendalian Kualitas pada Home Industry Mobil Mainan Truck Tangki Di Pt. Selamat Sentosa. Jurnal Logistik Indonesia, 2(2), 29-36.

Pratiwi, I. D., & Ngatilah, Y. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pipa PVC AW 4 Supralon dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) dan New Seven Tools di PT XYZ. JUMINTEN, 1(2), 164-176.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.

Sucipto, S., Sulistyowati, D. P., & Anggarini, S. (2017). Pengendalian kualitas pengalengan jamur dengan metode Six Sigma di PT Y, Pasuruan, Jawa Timur. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 6(1), 1-7.

Suryatman, T. H., Kosim, M. E., & Julaeha, S. (2020). Pengendalian Kualitas Produksi Roma Sandwich Menggunakan Metode Statistik Quality Control (Sqc) Dalam Upaya Menurunkan Reject Di Bagaian Packing. Journal Industrial Manufacturing, 5(1), 1-12.

Wardhana, M. W., Sulastri, S., & Kurniawan, E. A. (2018). Analisis peta kendali variabel pada pengolahan produk minyak sawit dengan pendekatan statistical quality control (SQC). Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains, 2(1).

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2024

Terbitan

Bagian

Artikel