Perancangan Aplikasi Stok Bahan Baku Produksi di Upnormal Coffee Purwakarta Menggunakan Metode Fountain
Kata Kunci:
Perancangan, Metode Fountain, Stok, Basis Data, Sistem InformasiAbstrak
Upnormal Coffee Purwakarta sebagai salah satu bisnis kuliner yang berorientasi kepada pelayanan dan kepuasan pelanggan sehingga dalam implementasinya dibuatkan inovasi-inovasi baru untuk mendukung pelayanan kepada konsumen supaya bisa bersaing dengan kompetitor yang ada. Oleh karenanya, Upnormal Coffee Purwakarta berupaya untuk memperbaiki sistem stok bahan baku produksi agar lebih efektif dan efisien. Perancangan aplikasi merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Metode fountain merupakan metode logis terbaru dari metode waterfall. Kelebihan dari metode fountain adalah waktu pengerjaan sebuah sistem akan lebih cepat dibandingkan dengan metode waterfall. Hal ini dikarenakan metode fountain memungkinkan untuk melewati tahapan-tahapan yang lain kecuali tahapan design dibandingkan dengan metode waterfall yang harus melewati tahapan sesuai urutan. Hasil dari perancangan aplikasi tersebut memberikan gambaran terkait dengan perancangan prosedur, basis data dan tampilan antar muka dari aplikasi stok bahan baku yang akan dibuat sehingga diharapkan dapat membantu mempermudah dalam monitoring dan pelaporan.
Referensi
RI, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Waralaba,” Database Peraturan, 2007.
M. F. Zuhri, S. Sufaidah, and A. Sifaunajah, “Rancang Bangun Aplikasi Rental Alat-Alat Pesta Dengan Sistem Notifikasi,” Saintekbu, vol. 10, no. 2, pp. 17–26, 2018, doi: 10.32764/saintekbu.v10i2.205.
B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce,” Systematics, vol. 1, no. 2, p. 81, 2019, doi: 10.35706/sys.v1i2.2076.
M. N. Daud, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi Roti Wilton Kualasimpang,” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 760–774, 2017, doi: 10.33059/jseb.v8i2.434.
Abd. Jalil. M, S. Syahidin, and E. Erma, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi Di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues,” Gajah Putih Journal of Economics Review, vol. 3, no. 2, pp. 76–88, 2021, doi: 10.55542/gpjer.v3i2.187.
I. Lesmana, R. D. CH. Pamikiran, and I. L. Labaro, “Produksi dan Produktivitas Hasil Tangkapan Kapal Tuna Hand Line yang Berpangkalan di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung,” Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan, vol. 2, no. 6, pp. 205–211, 2017.
Gita. Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, “Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Leukoc. Biol, vol. 96, no. 1, pp. 365–375, 2013.
A. N. Yuhana and F. A. Aminy, “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, p. 79, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.357. A. N. Yuhana and F. A. Aminy, “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, p. 79, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.357.
F. Y. Rahman, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Laundry Berbasis Web,” Technologia: Jurnal Ilmiah, vol. 12, no. 2, p. 125, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i2.4774. [10] A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
F. Kurnia and N. Putri, “Sistem Informasi Cuti Tahunan Pegawai Dinas Sosial Provinsi Riau,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 186–191, 2020.
S. Fadli and K. Imtihan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Administrasi Dan Transaksi Berbasis Client Server,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, vol. 1, no. 2, p. 7, 2018, doi: 10.36595/jire.v1i2.54.
F. Muhammad and S. L. Putri, “Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi STMIK Subang, Oktober 2017 ISSN: 2252-4517,” Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus Di Pt Perkebunan Nusantara Viii Tambaksari), no. April, pp. 1–23, 2017.
D. Christiano Mantaya Wenthe, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A.A.P, “APLIKASI PENGENALAN OBJEK UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY RANCANGAN BANGUN APLIKASI WARUNG KITA View project UAS MULTIMEDIA _ TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY View project,” Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, no. June, 2021.
M. M. Mur et al., “Metode Extreme Programming Dalam Membangun Aplikasi KosKosan Di Kota Bandar Lampung Berbasis Web,” vol. XVIII, no. 2013, pp. 377–383, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aang Samsudin, Hilmi Fauzi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.