Penerapan Model Prototype Perancangan Aplikasi Pendaftaran Pasien Puskesmas Berbasis Android
Kata Kunci:
Aplikasi, Kesehatan, Kodular, Prototype, Puskesmas, SistemAbstrak
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor kesehatan. Sistem digital dapat diterapkan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan. Salah satu puskesmas di Subang melalui aplikasi pendaftaran pasien berbasis Android yang dikembangkan menggunakan platform Kodular, masyarakat dapat memilih waktu kunjungan sesuai jadwal yang tersedia. Perancangan aplikasi menggunakan metode prototype yang melibatkan identifikasi permasalahan, pembuatan mockup, dan pengujian sistem. Fitur aplikasi memungkinkan pengurus puskesmas mengatur informasi layanan, jadwal perawatan, dan sumber daya kesehatan. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses jadwal dan mendaftar secara online tanpa harus datang langsung ke puskesmas. Sistem yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan puskesmas dengan mengurangi antrian, mempermudah akses informasi, memberikan fleksibilitas dalam penjadwalan layanan, mendukung pemerataan, keterjangkauan pelayanan kesehatan di masa mendatang dan menjadi alat pengumpulan data yang berharga untuk pengambilan kebijakan sektor kesehatan.
Referensi
[1] E. Yuliah Pengawas Sekolah di Kementrian Agama, D. Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, and J. Barat, “The Implementation of Educational Policies.”
[2] “17-Article Text-66-1-10-20200413”.
[3] A. U. Zailani, A. Perdananto, and M. Ardhiansyah, “Penggunaan Model Prototype dalam Membuat Library System di SMPIT AL Mustopa,” SMARTICS Journal, vol. 6, no. 2, 2020, doi: 10.21067/smartics.v6i2.4636.
[4] M. Audrilia and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus : Bengkel Anugrah),” Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Mar. 2020, doi: 10.33753/madani.v3i1.78.
[5] “FullBook+Aplikasi+Komputer-dikompresi”.
[6] M. R. Darmawan, H. A. Musril, J. G. Aur, K. Putih, A. Birugo, and T. Baleh, “Perancangan Sistem Pendaftaran Audiens Seminar Proposal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi,” Jurnal Teknologi dan Informasi, doi: 10.34010/jati.v11i1.
[7] H. Andriani, “Hubungan Service Quality terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan: Literature Review”, doi: 10.31004/jptam.v6i2.5077.
[8] Y. Hariyoko, Y. Dolfianto Jehaut, A. Susiantoro, and A. Id, “EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT OLEH PUSKESMAS DI KABUPATEN MANGGARAI,” 2021.
[9] A. Rahma and M. Habib, “Android Dan Masa Depan : Analisis Dampak Terhadap Pengguna,” 2021.
[10] A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 102–111, Feb. 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sidiq Amroni, Ratna Suminar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.