Sistem Informasi E-Ticketing Pertandingan Sepak Bola Stadion Mochtar Pemalang berbasis Web

Penulis

  • Sidiq Amroni Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Teguh Triatmojo Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Stadion, Pemalang, Sistem, Informasi, E-Ticketing, RAD, UML.

Abstrak

Stadion Mochtar Pemalang adalah sebuah stadion yang berada di Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Stadion ini berdiri sejak tahun 1980-an dan direnovasi kembali pada tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi tiket elektronik yang akan meningkatkan efektivitas dan pengalaman pengguna pengelolaan tiket stadion. Sistem informasi tiket elektronik ini dibangun dengan menggunakan pendekatan Objek Oriented Programming (OOP), Rapid Application Development, dan Unified Modeling Language (UML). Penerapan sistem menghasilkan fitur jadwal pertandingan sepak bola yang memungkinkan masyarakat melihat jadwal pertandingan sepak bola yang akan dipertandingkan di Stadion Mochtar Pemalang, memudahkan pengelola stadion dalam mempublikasikan informasi dan jadwal pertandingan sepak bola, serta meningkatkan efisiensi penjualan tiket. Adanya E-ticketing memungkinkan calon pengunjung tidak harus datang hanya sekedar melihat jadwal dan memesan tiket yang membutuhkan waktu, tenaga bahkan biaya perjalanan. Pengunjung cukup datang pada saat menonton ketika pertandingan dimulai sesuai jadwal pertandingan.

Referensi

[1] A. Frisdayanti, “PERANAN BRAINWARE DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN,” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.31933/JEMSI.

[2] A. T. P. Doni Riswanda1, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN BARANG BERBASIS ONLINE,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. Vol.2, no. No.1, pp. 94–101, 2021.

[3] T. Wiharko and H. Setiawan, “Sistem Informasi E-Ticketing di PT Pos Indonesia Cabang Cianjur berbasis Web dengan Metode Fifo,” Media Jurnal Informatika, vol. 10, no. 2, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika

[4] R. Syabania and N. Rosmawarni, “PERANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PENJUALAN BARANG PRE-ORDER BERBASIS WEBSITE,” 2021.

[5] R. Rizal, S. Mubarok, H. A. Narlan, H. Millah, and U. Siliwangi, “PENGARUH LATIHAN LONG PASSING MENGGUNAKAN SASARAN BERURUTAN TERHADAP KETEPATAN LONG PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA,” 2019.

[6] A. Nuryansyah et al., “Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Di SMK Taman Karya Madya Ngemplak,” 2020. [Online]. Available: www.journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jintech

[7] A. Sahi, “APLIKASI TEST POTENSI AKADEMIK SELEKSI SARINGAN MASUK LP3I BERBASIS WEB ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), vol. 7, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://www.php.net.

[8] D. Prasetyo, M. R. Prasetyo, V. Dwi, A. Putra, and R. Djulatov, “SISTEM PERANCANGAN INVENTORY MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT BERBASIS DESKTOP (STUDI KASUS : SOCIETY MARKET),” JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, vol. 1, no. 2, 2023.

[9] T. Bayu Kurniawan, “PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA CAFETARIA NO CAFFE DI TANJUNG BALAI KARIMUN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN MYSQL,” Jurnal TIKAR, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020.

[10] T. Wulandari and D. S. Nurmiati, “RANCANG BANGUN SISTEM PEMESANAN WEDDING ORGANIZER MENGGUNAKAN METODE RAD DI SHOFIA AHMAD WEDDING,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 11, no. 1, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

09-10-2024

Terbitan

Bagian

Artikel