Peningkatan Kapasitas Penunjang Dengan Modifikasi Sistem Kontrol Mesin Moisture Chamber Untuk Pengujian Di Laboratorium

Penulis

  • Lilik Hari Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Achmad Anwari Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Didin S Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Zulhamdi Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Chamber, Kelembapan, PLC Siemens S7-300, Suhu, Sensor ALIA ARH950

Abstrak

Mesin chamber dirancang untuk pengujian suhu dan kelembapan dengan menggunakan sensor model ALIA ARH950. Pada studi ini, dilakukan improvement menggunakan PLC Siemens S7-300 dengan input data yang diperoleh dari sensor ALIA ARH950 yang mendeteksi suhu dan kelembapan, dengan output relay yang akan mengaktifkan heater, blower dan air conditioner. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa sistem ini bekerja dengan baik sesuai dengan sistem suhu dan kelembapan yang dirancang. Jika terjadi perubahan suhu dan kelembapan di dalam mesin chamber, maka PLC siemens S7-300 akan bekerja mengaktifkan heater, blower, dan air conditioner untuk menghasilkan nilai humidity sesuai dengan setpoint. Kemudian menampilkan informasi ke
komputer Human Machine Interface (HMI) dengan tampilan grafik untuk
memonitor proses pencapaian nilai humidity.

Referensi

A. P. Abseno, ‘LKP: Perancangan Program PLC untuk Mesin Pengisian Botol pada PT. Kairos Solusi Indonesia’. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2018.

D. A. Kurniawan and M. S. Mauludin, ‘Simulasi Timer dan Counter PLC Omron Type Zen Sebagai Pengganti Sensor Berat Pada Junk Box Paper Mill Control System’, Pros. SNST Fak. Tek., vol. 1, no. 1, 2013.

D. Yuhendri, ‘Penggunaan PLC Sebagai Pengontrol Peralatan Building Automatis’, JET (Journal Electr. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 121–127, 2018.

F. Hafni, ‘Alat Penghitung Untuk Pengepakan Berbasis Arduino Uno’. Politeknik Negeri Padang, 2016.

E. Mahardika, ‘Rancang Bangun Electric Container Crane sebagai sarana bongkar muat di Terminal Petikemas Berbasis PLC Omron CP1E’, J. Tek., vol. 7, no. 2, 2019.

W. Wang, M. X. He, C. Y. Liu, and Y. Zhang, ‘The research of constant temperature and humidity air-conditioning system of underground cellar’, in Applied Mechanics and Materials, 2014, vol. 672, pp. 1722–1728.

E. S. Puspita and L. Yulianti, ‘Perancangan sistem peramalan cuaca berbasis logika fuzzy’, J. Media Infotama, vol. 12, no. 1, 2016.

Y. Putra, ‘Merancang Panel Kontrol Untuk Pompa Air dan Motor Pengerak Solar Cell’, Elektron J. Ilm., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2014.

A. Akmal and K. Abimanyu, ‘Studi Pengaturan Relay Arus Lebih Dan Relay Hubung Tanah Penyulang Timor 4 Pada Gardu Induk Studi Kasus: Gardu Induk Dawuan’, Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 2, no. 1, 2017.

A. Suharjono, L. N. Rahayu, and R. Afwah, ‘Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang’, TELE, vol. 13, no. 1, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

06-10-2022

Terbitan

Bagian

Artikel