Pemanfaatan Teknologi Sensor Pada Tongkat Penyandang Disabilitas Tunanetra Berbasis Arduino Uno R3.

Penulis

  • Achmad Anwari Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Lilik Hari Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Jihaan Wulansari Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Tunanetra, Tongkat, Arduino Uno R3, Ultrasonic, Pendeteksi Hujan

Abstrak

Kondisi pengelihatan disabilitas khususnya tunanetra, mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lancar. Keterbatasan ini mengakibatkan kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang berubah-ubah dan meningkatkan risiko kecelakaan. Contoh tragis yang melibatkan penyandang tunanetra, seperti tabrakan atau benturan dengan benda-benda tak terduga. Hal ini menegaskan perlunya solusi untuk meningkatkan keamanan mereka. Tujuan penelitian ini merancang, mengembangkan tongkat bantu mobilitas berbasis Arduino Uno R3 yang dilengkapi dengan teknologi sensor ultrasonik dan sensor pendeteksi hujan. Tongkat ini dirancang untuk memberikan informasi yang lebih akurat tentang lingkungan sekitar pengguna termasuk deteksi rintangan di sisi kanan, kiri, depan, serta memberikan peringatan saat hujan turun. Penelitian ini berupaya memungkinkan penyandang tunanetra untuk bergerak lebih mandiri dan mengurangi risiko kecelakaan dalam perjalanan. Hal ini juga memahami kebutuhan dan preferensi penyandang tunanetra dalam menggunakan tongkat untuk mobilitas mandiri serta merancang dan mengimplementasikan tongkat yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keamanan, kepercayaan diri, dan mobilitas penyandang tunanetra, serta memungkinkan mereka untuk terlibat lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/02/10531851/tunanetra-tabrak-truk-di-trotoar-ppdi-harusnya-petugas-bertindak-tegas.

Rumah Sakit Satya Negara. (2019). “Cerita Tunanetra yang Dimarahi OrangTua Karena SeringMenabrakPintu”.Rssatyanegara.com:http://www.rssatyanegara.com/aritkel_news/cerita-tunanetra-yang- dimarahi-orangtua-karena-sering-tabrak-pintu/, Accessed on Desember 03,2022.

Utomo dan Nadya Muniroh. Keterampilan Orientasi Mobilitas (OM) Bagi Tunanetra. Sidoarjo: Nizanamia Learning Center, 2020.

Sopyan, S., & Noviansyah, M. (2023). PENGAMAN LEMARI PENYIMPANAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI DENGAN NOTIFIKASI EMAIL BERBASIS IOT.Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 8(2), 215-225.

Kurniawan, R. (2023). Rancang Bangun Alat Monitoring Ketinggian Air Pada Reservoir Berbasis Internet Of Things. Journal ICTEE, 4(1), 23-32.

Fahmizal, S.T., M.Sc, Prof. Dr. Drs. Afrizal Mayub, M.kom., Ir. Muhammad Arrofiq, S.T., M.T., Ph.D., IPM, Febrian Ruciyanti. (2022) Mudah Belajar Arduino dengan pendekatan berbasis Fritzing, Thinkercad dan Proteus. Penerbit DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Heri, Andrianto. Aan Darmawan. (2016). Arduino Belajar Cepat Dan Pemrograman. Informatika Bandung.

Kurniawan, Asep. “Alat Bantu Jalan Sensorik Bagi Tunanetra.” Jurnal of Disability Studies 06, no. 2 (2019):288.

Lenni, Abdul Ajis. “ Rancang bangun Atap Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor hujan, Sensor LDR, Sensor infrared, Dan Remote berbasis Arduino UNO R3.” Jurnal Dinamika UMT, no. 02 (2018):61.

Kurnialensya, T., & Saputra, P. (2023). Absensi SISTEM MONITORING KEHADIRAN SISWA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER BERBASIS WEB. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(1), 92- 99. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i1.3039.

Soekartono, H, Setiawan, MB, & ... (2020). Vibragamator, Kombinasi Vibrator dengan Amalgamator. … Material Kedokteran Gigi, jurnal.pdgi.or.id. http://jurnal.pdgi.or.id/index.php/jmkg/article/view/359

Syaifullah, S., Dharmayanda, H. R., & Islam, I. (2023). Inovasi Rancang Bangun Suara Otomatis Menggunakan Arduino di SMK Negeri 3 Sumbawa Besar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 687-691. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1523.

Faruk, Z. (2017). Rancang Bangun Alat Bantu Jalan Tunanetra Dengan Tongkat Cerdas Berbasis Arduino (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang)..

Samsugi, Neneng, and G. Naufal Falikh Suprapto, “Otomatisasi Pakan Kucing Berbasis Mikrokontroller Intel Galileo Dengan Interface Android,” J. Sains Komput. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 143–152, 2021.

Aggista, JL (2020). Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Menggunakan Sensor PZEM-004T Berbasis Internet Of Things., eprints.uny.ac.id,

Susilo, S, Paluruan, W, & Widodo, B (2022). Alat Pendeteksi Hambatan Untuk Penyandang Disabilitas Tunanetra.Lektrokom: Jurnal Ilmiah Teknik…, ejournal.uki.ac.id.

Utami, M. K. (2014). Penggunaan Potensiometer Sebagai Sensor Posisi pada Lengan Robot Berjari Pengikut Gerak Lengan Manusia Berbasis Mikrokontroler (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Rusito, & Dani Setiyawan. (2020). Alat Bantu Jalan Tuna Netra Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroller. Elkom : Jurnal Elektronika Dan Komputer, 13(2), 94-103.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2024

Terbitan

Bagian

Artikel