Penurunan Defect Pada Wirring Harness Assy 32100-K2V-N410 Dengan Metode PDCA di PT. Piranti Teknik Indonesia

Penulis

  • Sugengriadi Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Deni Ahmad Taufik Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Sendi Fadilah Gumilar Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Pengendalian kualitas, PDCA, diagram Pareto, diagram fishbone, 5W 1H FMEA

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah untuk memperbaiki jenis defect yang dominan tersebut, yaitu defect karena tapingan bolong. Setelah itu mencari faktor-faktor penyebab defect tersebut menggunakan diagram Fishbone. Langkah selanjutnya adalah tahap Do, yaitu menentukan sasaran dan tujuan dalam tindakan perbaikan dan identifikasi produk cacat dengan dibantu oleh tools 5W+1H. Pada tahap ketiga Check, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan Failure Mode Effect and Analysis (FMEA). Hasilnya didapat nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi sebesar 324 ada pada kesalahan metode kerja karena tidak sesuai dengan SOP. Recommended action yang diberikan berupa usulan untuk pembuatan checksheet khusus untuk pengontrolan produk. Tahap terakhir adalah tahap Action, pada tahap ini dilakukan pengendalian kualitas dalam bentuk pemberian usulan berupa monitoring dan mengukur kinerja karyawan serta melihat tingkat kualitas suatu produk dengan menggunakan pengecekan (checksheet) pada proses pemeriksaan.

Referensi

Ahmed, M., & Ahmad, N. (2011). An application of Pareto analysis and cause-and-effect diagram

Assauri S. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta. Lembaga Penerbit FE UI

Breyfogle FW. 2003. Implementing Six Sigma : Smarter Solution Using Statistical Method. John Wiley & Son, Inc, New Jersey.

Deitiana, T. (2011). Manajemen Operasional Strategi dan Analisa. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nasution, M. N. 2015. Total Quality Management. Bogor, Ghalia Indonesia.

Oakland JS. 1993. Total Quality Management. Clays St. Ives, Great Britain.

Octavia, L. 2010. Skripsi : Aplikasi Metode Failure Mode And Effects Analysis (FMEA) Untuk pengendalian kualitas pada proses Heat Treatment PT. Mitsuba Indonesia. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Parwati, C., & Sibarani, J. 2016. Analysis Pengendalian Kualitas Produk Steel Pipes dan Tubulars Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Pada PT Dwi Sumber Arca Waja Baja Batam. Seminar Nasional

Prayogi, M. F., Puspitasari, D., dan Arvianto, A. 2016. Analysis Penyebab Cacat Produk Furniture Dengan Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dan FTA (Fault Tree Analysis) Pada PT Ebako Nusantara, Ilmiah Teknik Industri, Semarang. Universitas Diponegoro.

Zakaria, P, R. 2014. Perbaikan Mesin Digester dan Press Untuk menurunkan Oil Losses di stasiun Press Dengan Metode PDCA Di PT XYZ. Jurnal PASTI, Vol VIII, No 2, 287-299.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2024

Terbitan

Bagian

Artikel