Rancang Bangun Alat Pendeteksi Asap Rokok Untuk Penanggulangan Ketertiban Berbasis Internet Of Thing

Penulis

  • Achmad Anwari Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Lilik Hari Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Rizkika Fitri Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Muhammad Zaky Ramadhan Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Asap rokok, Deteksi, IoT, Mikrokontroller, Node MCU ESP8266, Sensor PIR

Abstrak

Bahaya asap rokok di area sekitar sangat harus diperhatikan. Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung berbagai bahan pencemaran yang dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit batuk, kanker, dan gangguan kesehatan lainnya. Berbagai cara a dilakukan untuk meminimalisir bahaya asap rokok tersebut diantaranya dengan membuat stiker/spanduk larangan merokok dan seminar larangan merokok. Namun, cara tersebut kurang efektif karena masih terdapat beberapa orang yang tidak menyadari pentingnya untuk tidak merokok di tempat umum maupun khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang alat pendeteksi asap rokok di toilet khusus dengan menggunakan Microcontroller Node MCU ESP8266 dan ESP32 CAM Wi-Fi yang akan mengirim pesan teks dan gambar, Dengan bantuan  sensor MQ2 sebagai detektor asap rokok dan sensor PIR sebagai detektor gerak si perokok outputnya untuk mengaktifkan fungsi ESP32 CAM Wi-Fi yang selanjutnya akan mengambil gambar dari perokok tersebut. Dari hasil pengujian alat dapat mendeteksi asap rokok pada ambang 400 ppm dan memberikan informai berupa teks dan gambar melalui software telegram.

 

 

Referensi

Sinaryuda. (Januari 2017). "Mengenal Aplikasi Arduino Ide Dan Arduino Sketch".

Sinaryuda Web Site. https://www.sinaryuda.web.id/microcontroller/ mengenal- aplikasi-Arduino-ide-dan-Arduino-sketch.html

HARDIKA, Deka; NURFIANA, Nurfiana. Sistem Monitoring Asap Rokok Menggunakan Smartphone Berbasis Internet of Things (Iot). Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 2019, 10.1.

Abu Dawud. (Juni 2018). “Mengenal Sensor Pir Passive Infrared” Abu Dawud Belajar dan Berbagi. https://abudawud.wordpress.com/2018/06/02/mengenal-sensor-pir- passive-infrared/

ROSE, Karen; ELDRIDGE, Scott; CHAPIN, Lyman. The internet of things: An overview. The internet society (ISOC), 2015, 80: 1-50.

SAHOO, Khirod Chandra; PATI, Umesh Chandra. IoT based intrusion detection system using PIR sensor. In: 2017 2nd IEEE International Conference on Recent Trends in Electronics, Information & Communication Technology (RTEICT). IEEE, 2017. p. 1641-

SCHWARTZ, Marco. Internet of Things with ESP8266. Packt Publishing Ltd, 2016.

ZAZIN, Muhammad, et al. Implementasi IoT pada Sistem Surveillence Camera Via

Telegram. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 2022, 3.2: 69-74.

GARCÍA, A. Alcayde, et al. A Telegram Bot For Education 4.0: ZQUIZUALBOT 4.0.

In: INTED2022 Proceedings. IATED, 2022. p. 7288-7295.

ATIKAH, Nur, et al. Sistem Image Capturing Menggunakan ESP32-Cam Untuk Memonitoring Objek Melalui Telegram. KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer, 2022, 6.2: 49-53.

MANDAGI, Albert; IMMANUEL, Stheven. Penggunaan sensor gas MQ-2 sebagai pendeteksi asap rokok. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, 2014.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023

Terbitan

Bagian

Artikel