Modifikasi Sistem Kontrol Feeder Pada Mesin Calendering Berbasis Timer Omron H3CR Di PT. Paper Packaging

Penulis

  • Lilik Hari Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Achmad Anwari Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Muhammad Mustofa Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

calendering, improvemnet, timer

Abstrak

Salah satu inovasi dalam industri manufaktur adalah pemanfaatan relay timer, sekarang ini timer sudah banyak digunakan sebagai salah satu sistem kontrol mesin di industri manufaktur. Dalam hal ini, timer digunakan untuk improvement modifikasi sistem kontrol feeder mesin calendering. Calendering adalah salah satu proses produksi kemasan yang bertujuan untuk memberi efek glossy dan halus pada material cetakan kertas. Mesin calendering PT. Paper Packaging mempunyai masalah dimana setiap satu siklus rotasi mesin, material kertas akan mengenai sambungan plat konveyor sehingga hasil calendering menjadi waste. Pada penelitian ini, modifikasi sistem kontrol menggunakan timer Omron H3CR sebagai kontrol utamanya. Improvement ini bertujuan untuk mengendalikan potensi waste material kertas yang muncul akibat terkena sambungan plat konveyor pada mesin calendering. Selain itu, sistem yang sudah dimodifikasi dapat meningkatkan produktifitas dan efesiensi produksi pada mesin calendering.

Kata kunci: calendering, improvement, timer, kontrol

Referensi

Ruian Huawei Printing Machinery CO., LTD. (2015). Paper Pressing Machine. Huawei China.

Kanth, Neel, and A. K. Ray. “Analysis of Influencing Factors on Nip Width of Machine Calender Used in Paper Industry.” AIP Conference Proceedings. Vol. 2253. American Institute of Physics Inc., 2020. AIP Conference Proceedings. Web.

Suryono, Supriyati. “RANCANG BANGUN TIMER TERPROGRAM DENGAN TAMPILAN LAMPU TIGA WARNA SEBAGAI PEWAKTU PADA KEGIATAN SEMINAR.” Orbith vol. 15 No. 3 November (2019): 120-129.

Shiokoji Horikawa, Shimogyo-ku “Solid State Timer.” Analog Controller Division. OMRON Corporation.

Kadirun, Kadirun, Hasanuddin Hasanuddin, and Aryanto Aryanto. “PENERAPAN SISTEM STOP SIGN PADA PERTIGAAN JALAN BERBASIS SENSOR PHOTOELECTRIC STUDI KASUS PADA PT.CHEVRON PACIFIC INDONESIA.” JURNAL FASILKOM 5.2 (2018): 1–9. JURNAL FASILKOM. Web.

Risanty, Rita Dewi, and Lutfi Arianto. “Rancang Bangun Sistem Pengendalian Listrik Ruangan Dengan Menggunakan Atmega 328 Dan Sms Gateway Sebagai Media Informasi.” Jurnal Sistem Informasi 7.2 (2017): 1–10.

Sutono, S., & Al Anwar, F. (2020). Perancangan dan Implementasi Smartlamp berbasis Arduino Uno dengan menggunakan Smartphone Android. Media Jurnal Informatika, 11(2), 36.

Maulani, Amira Nurifkah, Ramadita Fetrianggi, and Irvan Satrya Prana. “Analisis Pengaruh Desain Kemasan Dan Brand Image Kopi Good Day Pada Minat Beli Konsumen.” FINDER: Journal of Visual Communication Design 1.1 (2021): 1–9.

Widiati, Ari. “PERANAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI ‘MAS PACK’ TERMINAL KEMASAN PONTIANAK.” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura) 8.2 (2020): n. pag. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura). Web.

Yuliani, Rahma. “Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan Dan Label Pada Umkm.” Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 2.2 (2020): 71–76.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023

Terbitan

Bagian

Artikel