Analisa Sikap Tubuh Operator Packing Pada Perakitan Wiring Harness Part No. 32100-K2V-N410 Di PT Piranti Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA)

Penulis

  • R.M. Sugengriadi Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Deni A Taufik Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Husni Abdul Matin Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Nordic Body Map, Postur Kerja, Rapid Upper Limb Assessment

Abstrak

Postur kerja yang tidak ergonomis dapat menyebabkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan, seperti nyeri otot, cedera, dan gangguan kesehatan lainnya. Hal ini juga dapat menurunkan produktivitas dan kualitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja dan tingkat risikonya pada operator packing di PT. Piranti, perusahaan manufaktur perakitan wiring harness. Penelitian ini menggunakan metode NBM untuk mengidentifikasi titik-titik kelelahan tubuh dan metode RULA untuk menilai risiko postur kerja. Hasil analisis menunjukkan bahwa operator packing mengalami keluhan tinggi pada betis kiri dan kanan. Tingkat keluhan rata-rata adalah 64. Analisis RULA menunjukkan bahwa tingkat risiko tertinggi pada aktivitas memasukkan wiring harness ke dalam box dengan final score 7 (merah). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melakukan perbaikan postur kerja operator packing, yaitu penyediaan pelatihan ergonomi, dan perubahan desain tempat kerja.  Saran ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan postur tubuh operator packing, memberikan informasi berharga bagi perusahaan, dan menciptakan kondisi kerja yang lebih baik bagi operator.

Referensi

E. Budiarti, E. Kamelia, and C. Nugroho, “HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PETUGAS KESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS KOTA TASIKMALAYA,” Jurnal Kesehatan Gigi, vol. 8, no. 1, pp. 37–42, 2021.

A. Hanif, “Hubungan antara Umur dan Kebiasaan Merokok dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Angkat Angkut UD Maju Makmur Kota Surabaya,” Medical Technology and Public Health Journal, vol. 4, no. 1, pp. 7–15, 2020.

K. Wijaya, “Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Pekerja Konveksi Sablon Baju,” in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 2019, pp. 1–9.

W. Anggraini, dan Anda Mulya Pratama, D. Jurusan Teknik Industri, F. Sains dan Teknologi, U. SUSKA Riau, and M. Jurusan Teknik Industri, “ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVAKO WORKING ANALYSIS SYSTEM (OWAS) PADA STASIUN PENGEPAKAN BANDELA KARET (STUDI KASUS DI PT. RIAU CRUMB RUBBER FACTORY PEKANBARU),” 2012.

A. Tamala, “Pengukuran Keluhan Musculoskeletal Disorders (Msds) Pada Pekerja Pengolah Ikan Menggunakan Nordic Body Map (Nbm) dan Rapid Upper Limb Assessment (Rula),” Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, vol. 4, no. 2, 2020.

N. M. Dewantari, “Risiko ergonomi pada pekerja pemilah sampah,” Journal Industrial Servicess, vol. 5, no. 2, pp. 194–198, 2020.

R. Rahmahwati, “Perbaikan Tingkat Risiko Musculoskeletal Disorders Berdasarkan Pendekatan Nordic Body Map dan Rapid Upper Limb Assessment Pada Hasil Rancang Bangun Mesin Roasting Kopi Digital Otomatis,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 10, no. 2, pp. 191–200, 2021.

J. E. S. Casym and D. N. Oktiara, “Analisis Postur Tubuh Pekerja Home Industry Pastel Menggunakan Analisis Rapid Upper Limb Assesment (RULA),” in Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 2020, pp. 631–635.

A. F. Sari, P. Yuliarty, and A. Wibowo, “Analisis Tingkat Risiko Pekerja Pada Poin Kerja Header Pipe Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA),” Penelitian Dan Aplikasi Sistem Dan Teknik Industri, vol. 13, no. 3, pp. 285–297, 2020.

L. McAtamney and E. N. Corlett, “RULA: a survey method for the investigation of work-related upper limb disorders,” Appl Ergon, vol. 24, no. 2, pp. 91–99, 1993.

N. Susanti and A. N. Septi, “Penyuluhan Fisioterapi Pada Sikap Ergonomis Untuk Mengurangi Terjadinya Gangguan Musculoskeletal Disorders (Msds) Di Komunitas Keluarga Desa Kebojongan,” PENA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2021.

Y. Sianipar, “Berbagai manfaat dari upaya mempertahankan ergonomic pada berbagai posisi guna untuk keselamatan pasien,” 2020.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2024

Terbitan

Bagian

Artikel