Optimalisasi Sistem Pendingin Konvesional Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO R3

Penulis

  • Achmad Anwari Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Lilik Hari Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Susi Susyanti Hotimah Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

pendingin konvesional, DHT 11, Arduino, DC L298N,, suhu

Abstrak

Pendingin konvensional bisa disebut juga kipas angin merupakan salah satu solusi umum dalam menjaga suhu ruangan agar tetap nyaman. Sistem pendinginan dengan alat ini di gunakan oleh banyak perusahaan atau pabrik untuk kenyamanan para pekerja. Operasional manual dari pendingin ini sering kali tidak efisien dan kurang akurat dalam pengaturan suhu. Oleh karena itu penulis membuat sistem pengendalian untuk menghidupkan motor (kipas) ke 2 karena motor (kipas) ke 1 tetap menyala tidak di atur oleh sensor apapun  ,ketika  suhu terdeteksi panas yaitu >=30°C maka motor (kipas) ke 2 menyala  dan mematikan kembali saat suhu terdeteksi dingin yaitu <=25°C oleh sensor DHT 11. Di kendalikan dengan modul DC L298N yang semula motor (kipas) itu  mati sekarang menyala  dan sebaliknya tergantung  sensor suhu yang mendeteksi ruangan tersebut. Ada pula lcd untuk menampilkan hasil nilai dari sensor suhu DHT 11. Pendingin konvesional ini bisa di operasikan di berbagai ruangan apapun termasuk di ruangan dingin karena bisa otomatis mati.

Referensi

Sudrajat, Rakhmat, and Fahimatu Rofifah. "Rancang Bangun Sistem Kendali Kipas Angin dengan Sensor Suhu dan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno." REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer 7.1 (2023): 555-564.

Ramadhan, Arif. PERANCANGAN SISTEM PEMANTAU SUHU DAN PENDINGIN OTOMATIS RUANGAN SERVER BERBASIS APLIKASI WEB MENGGUNAKAN ARDUINO. Diss. Institut Teknologi Telkom Jakarta, 2022.

D. (2022). Prototype Sistem Pengaturan Kecepatan Kipas Dc Otomatis Menggunakan Sensor Pir, Sensor Ultrasonik, Sensor Dht11 Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Dan Nodemcu. Electrician, 16(1), 45-55.

Pratama, Muhammad Alip, et al. "Perancangan Sistem Kendali Alat Elektronik Rumah Tangga." Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer 2.1 (2021): 80-92.

Habibi, Roni, and Raymana Aprilian. Tutorial dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD. Vol. 1. Kreatif, 2020.

Peña, Claudio. Arduino IDE: Domina la programación y controla la placa. RedUsers, 2020.

Nurul Hidayati Lusita Dewi, Nurul Hidayati Lusita Dewi. "Prototype Smart Home Dengan Modul Nodemcu Esp8266 Berbasis Internet Of Things (IOT)." PhD diss., UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO, 2019.

"Perancangan Sistem Pengontrolan Kipas Angin Berbasis Mikrokontroller." (2019).

Aulia, Rachmat, Rahmat Aulia Fauzan, and Imran Lubis. "Pengendalian Suhu Ruangan Menggunakan FAN dan DHT11 Berbasis Arduino." CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6.1 (2021): 30-38.

Faujiah, Sifa Nur, and Hadi Zakaria. "Sistem Kontrol Kipas Angin Menggunakan Smartphone Berbasis Android Dengan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 (Studi Kasus: SD Negeri Babakan 02)." OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains 1, no. 09 (2022): 1475-1482.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2024

Terbitan

Bagian

Artikel