Aplikasi Game Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN Marga Mulya)

Penulis

  • sidiq Amroni STT Texmaco
  • Shilma Fatimah Zahra Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

mobile, siswa, sekolah, pembelajaran, sistem

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang dengan
sangat pesat. Teknologi komunikasi mobile tidak hanya digunakan sebagai alat
komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk memudahkan pengguna dalam
kehidupan sehari – hari. Kebanyakan siswa melihat pelajaran disekolah membuat
dirinya kurang rasa percaya diri, pemahaman dalam menyelesaikan soal atau
latihan secara prosedural dapat cenderung membosankan. Anak pada awal usia
sekolah dasar masih sulit dalam hal belajar seperti pada mata pelajaran sejarah,
berhitung dan lainnya. Untuk menghindari hal ini, metode pembelajaran lain untuk
anak bisa diterapkan. Selain dengan metode hafalan, metode lain seperti berlatih
soal dan juga belajar melalui media pembelajaran bisa digunakan. Perancangan
media pembelajaran aplikasi game untuk siswa sekolah dasar yang terdiri dari soal
pengetahuan umum, sejarah, kehidupan sehari – hari, berhitung merupakan
pengambilan soal dari materi yang telah dipelajari. Pengembangan sistem yang
digunakan adalah dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle).

Referensi

F. E. Nugroho, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku,”

Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 717, 2016, doi:

24176/simet.v7i2.786.

A. N. Nurhayati, A. Josi, and N. A. Hutagalung, “Penjualan,” J. Teknol. dan Inf., vol. 7, no. 2, pp. 13–23, 2018.

M. Hasil and B. Siswa, “Kata Kunci :,” vol. 03, pp. 171–187, 2018. [4] I. Tarbiyah, “DIKTAT,” 2019.

Fathoroni. Annisa, et al, “Buku Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode 360 Degree Feedback”, 1 th 2020, Bandung : Kreatif Industri Nusantara, 2020.

A. Hartanto, R. Timothy, and Yoannita, “Android Sebagai Media Pembelajaran Siswa

Sekolah Dasar,” Stmik Gi Mdp, pp. 1–9, 2013.

Agus M. Irfan, et al, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Dan Penilaian Karyawan Warehouse Dengan Aplikasi Web”, Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol. 1, No. 2, Januari 2017.

Priyanto. Sugeng, et al, “Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Web

Pada Politeknik Sains & Teknologi Wiratama Maluku Utara”, Indonesian Journal on

Information System Volume 3 Nomor 1 April 2018.

Rokhman. Moh Miftakhur, et al., “Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar Di Smplbn (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang”, Jurnal MNEMONIC, Vol. 1, No. 1, Februari 2018.

Suharyanto. Eko, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android

Dengan Metode Rad”, Jurnal Ilmu Komputer JIK Vol. V No.01 Mei 2022.

Afriani. Triana, “Membuat Game Scratch Pertamaku”, 2022th ed, Jakarta : Bhuana Ilmu

Populer Kelompok Gramedia, 2022.

Kurniawan. Hamid, et al, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang”, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14 No 04 Bulan Januari, Tahun

Kurniawan. Hamid, et al, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang”, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14 No 04 Bulan Januari, Tahun

Nurfitriana. Eva, et al, “Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutang Jasa Penyewaan Kendaraan Pada Pt. Tricipta Swadaya Karawang”, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 15 No

Bulan April, Tahun 2020.

Ambarsari. L. S, et al, “Module Design Of Landing Page And Payment On Pahamee Website About Mental Health Using Extreme Programming Method”, Jurnal e-Proceeding of Engineering : Vol.8, No.5 Oktober 2021.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023

Terbitan

Bagian

Artikel