Sistem Progressive Web App Pelaporan Sampah Rumah Tangga dengan Penyesuaian Pembayaran dan Insentif Poin Berdasarkan Volume Sampah
Kata Kunci:
Sistem, Progressive Web App, Agile XP, UMLAbstrak
Pengelolaan sampah rumah tangga menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di Desa Gempolsari. Pengembangkan Sistem PWA (Progressive Web App) dirancang guna memudahkan warga dalam melaporkan sampah yang mereka hasilkan. Pengembangan sistem ini menggunakan metode XP (Agile Extreme Programming) dengan pendekatan pemrograman berorientasi objek (OOP) yang memungkinkan tim beradaptasi dengan cepat sesuai kebutuhan pengguna. Beberapa tujuan pengembangan sistem antara lain agar warga dapat mudah melihat laporan sampah dan pengelolaannya secara transparansi, melihat insentif poin untuk mendorong semangat partisipasi mereka, melaporkan jenis dan jumlah sampah secara digital, dapat melihat kontribusi warga terhadap pengelolaan sampah agar tercipta lingkungan yang bersih. Setiap laporan yang dibuat, memberikan poin yang dapat ditukarkan dengan penghargaan tertentu. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi masyarakat setelah aplikasi diluncurkan. Transparansi biaya juga meningkat, sehingga masyarakat lebih memahami cara penghitungan biaya pengelolaan sampah. Sistem aplikasi ini berguna dalam mengelola data, memantau pengangkutan sampah dan membuat laporan berkala.
Referensi
[1] S. Amroni and N. Astuti, “Sistem Pendaftaran Puskesmas Berbasis Web: Studi kasus: Puskesmas Tegalwaru,” INFOTEX J. Ilm. Bid. Ilmu Tek., vol. 2, no. 2, pp. 325–337, 2024.
[2] A. Samsudin and A. I. Sanjaya, “Sistem Pemesanan Katering Berbasis Website,” vol. 3, no. 1, pp. 274–285, 2024.
[3] S. W. Ramdany, S. Aulia Kaidar, B. Aguchino, C. Amelia, A. Putri, and R. Anggie, “Penerapan UML Class Diagram dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web.” Journal of Industrial and Engineering System (JIES) vol. 5 no.1 pp. 30-31, 2024
[4] S. W. Ramdany, S. Aulia Kaidar, B. Aguchino, C. Amelia, A. Putri, and R. Anggie, “Penerapan UML Class Diagram dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web.”
[5] Kurniawan. Hamid, et al, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang”, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14 No 04 Bulan Januari, Tahun 2020.
[6] A. H. Hendri and Mochammad Arief Sutisna, “Article Desktop Based National Police Commission Activities Information System,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 2, no. 1, pp. 14–23, Jun. 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i1.2393
[7] Sinambela, M. R., Waidah, D. F., Susilo, T., Jaya, N. A., & Friansyah, I. G. (2024). Rancang Bangun Perpustakaan Digital Berbasis Website pada SD Swasta 001 PT. KG Meral Barat di Kabupaten Karimun. Tikar: Jurnal Teknik Informatika Karimun, 5(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.51742/teknik_informatika.v5i1.1231
[8] K. Afifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro," Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database: Sebuah Literature Review" , Jurnal Intech vol. 3, no. 1 2022
[9] Y. Irawan Chandra, D. Ruri Irawati, M. Riastuti, and S. Jakarta STI, “Penerapan Model Agile-Extreme Programming (XP) Dalam Membuat Aplikasi Pengenalan Daerah Wisata di Wonogiri Berbasis Web”, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v8i1.
[10] A. Samsudin and H. Hamdalah Islami, “Sistem Pengaduan Masyarakat Menggunakan Metode Agile Extreme Programming.” Jurnal Infotex vol. 2 no. 1 pp.214-226, 2023
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 sidiq Amroni, Dilan Ariandi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.