Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dino Dadi Fotocopy
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, SPSS, Analisis RegresiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Dino Dadi Fotocopy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Populasi yang digunakan seluruh pelanggan Dino Dadi Fotocopy. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data pengujung minggu ke empat yang berkunjung ke Dino Dadi Fotocopy dengan jumlah 67 pengunjung, dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat error 10% maka sampel yang diperoleh sebanyak 40 konsumen. Teknik Analisa data yang digunakan adalah Uji Instrumen, uji Analisa Stataistik Deskritif, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis serta analisis regresi linear berganda. menggunakan program SPSS versi 30. Variabel yang diamati meliputi Tangibel, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai t-hitung untuk variabel Tangibel, Reliability, Responsieness, Assurance, dan Empathy tidak mencapai t-tabel pada α = 0,05. Kontribusi kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan(X2) 10,1% sementara 89,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Referensi
[1] 1 Amir Hamzah, 2. H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen . Vol.1 No.2 Mei 2024 , 23-34.
[2] Afikarina Purwaningrum1, M. A. (2022). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN . Volume 1, Nomor 2, Oktober 2022 .
[3] Apriani*, R. M. ((2019)). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN . Vol. 6No. 2 , 121-134 .
[4] Ardista, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit . Volume 6, No. 1, Februari 2021 , Hal. 38-49.
[5] Dio RamadhaniAue1, Z. A. (2023 ). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP . Volume 2, Nomor 1, Juni Tahun 2023 , 77-87.
[6] Intan Maratun 1), G. S. (2023 ). PENGGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN . Vol.21 No.3 Juli 2023 .
[7] Ismail1, T., & Yusuf2, R. (2021). PENGARUHKUALITASPELAYANANTERHADAPKEPUASAN. Vol. 5 No. 3, 2021.
[8] Jeheskiel Ariel Patasik1, S. B. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada . Vol. 1 No. 1, Januari - Juni 2024 , 1-5.
[9] Meidatuzzahra, D. (2019). PENERAPAN ACCIDENTAL SAMPLING UNTUK MENGETAHUI PREVALENSI . Vol.13 No.1/Juni 2019 .
[10] Mery Oktavia Giawa1), M. S. (2022). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN . Volume 18 No 1 April 2022 .
[11] Muhlis Sholehudin 1), S. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP . Vol. 2 No. 2 .
[12] Roynaldus A. K. Agung, A. P. (2023 ). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. . Vol. 3 No 1 Mei 2023 .
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Raden Mohamad Sugengriadi, Rifqi Jalu Pramudita, Fatina Rijanatun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.