Sistem Pengelolaan Warehouse Officer Stationary dan Consumable Berbasis Website
Kata Kunci:
Sistem, Pengelolaan, Warehouse, Officer Stationary, Consumable.Abstrak
Perusahaan manufaktur bekerja untuk mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang dapat dijual. Dalam implementasinya teknologi manufaktur sangat penting bagi perusahaan untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat sehingga solusinya bisa melalui pengelolaan dan pengawasan barang yang diintegrasikan dengan teknologi. Salah satu perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia yaitu PT Sugiura Indonesia yang bergerak dibidang sparepart otomotif tetapi dalam bagian warehouse terdapat beberapa kendala seperti permintaan barang masih dilakukan dengan menggunakan list form kertas yang ditulis dan disetujui dengan tanda tangan pihak yang terkait pada saat pengeluaran sehingga rawan terjadi kesalahan. Metode pendekatan yang digunakan Object Oriented Programming (OOP) dan metode pengembangan yang dipakai menggunakan Rapid Application Development (RAD). Hasil dari penelitian ini dapat membantu pengelolaan di warehouse perusahaan lebih fleksibel karena sistem yang dibangun sudah terintegrasi dengan beberapa bagian sehingga pengolaan datanya terpusat dan dapat diakses secara realtime karena website yang dibangun sudah melalui tahap hosting.
Referensi
[1] Dharmawan, E. A. (2023). Perancangan sistem informasi geografis penyebaran dae-rah zonasi mangrove di pulau ambon. 4(1), 283–290.
[2] Rustam,Y.W.A.(2021).PerancanganAplikasiMobileKatalogFurnitureMenggunakan Teknologi Augmented Reality. INFORMASI(Jurnal InformatikaDan Sistem Informa-si), 13(2), 97122.https://doi.org/10.37424/informasi.v13i2.121
[3] Putra, R. A., & Setiawan, R. (2021). Techno Xplore Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Sistem Informasi Layanan Outsourcing Tenaga Kerja Terpada Satu Pintu. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 82–90.
[4] Farhan, F., & Leman, D. (2023). Implementasi Metode Rivest Shamir Adleman (RSA) Untuk Kerahasiaan Database Perum Bulog Kanwil SUMUT. Journal of Machine Learning and Data Analytics (MALDA), 2(1), 18–27. https://journal.fkpt.org/index.php/malda/article/view/483/285
[5] Supriadi, K., Kebudayaan, D. A. N., Tinggi, S., Informatika, M., Komputer, D. A. N., & Lapangan, P. K. (2021). Pt . Medion Ardhika Bhakti Cabang Palembang Ber-basis Web Bayu Indrayana Pt . Medion Ardhika Bhakti.
[6] Muhammad, I., Masnur, M., & Syam, A. G. (2021). Aplikasi Qr Code Sebagai Sara-na Penyampaian Informasi Pohon Dikebun Raya Jompie. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.31850/jsilog.v1i1.694
[7] Fitra Andikos, A. (2019). Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Tk Islam Bakti 113 Koto Salak. (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 1(1), 34–49.
[8] Susandi, Dony, and Tito Widianto. "Distribution Requirement Planning Sediaan Obat dan Perlengkapan Kesehatan Konsumen/Agen PT. SBF Cirebon." Journal Industrial Servicess 1.1 (2019).
[9] Yulianeu, Aneu, and Rama Oktamala. "Sistem Informasi Geografis Trayek Angkutan Umum Di Kota Tasikmalaya Berbasis Web." Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) 10.2 (2022).
[10] Siagian, I. P., Nisa, K., Ayuni, S. Q., & Novita Sari, W. (2022). Keterampilan Guru Dalam Konsep Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Menurut Ahli. Journal Educa-tional Management Reviews and Research, 1(02). https://doi.org/10.56406/emrr.v1i02.208
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aang Samsudin; Arsyal Arfiansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.