Perancangan Alat Monitor Kadar Garam pada Sungai Cipunagara dengan Integrasi IoT dan GPS

Penulis

  • Rizkika Fitri Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Lilik Hari Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Deden Haris Hamdani Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco

Kata Kunci:

Internet of Things (IoT), LoRa, Thinkspeak, GPS,Teknologi pertanian

Abstrak

Sungai Cipunagara di distrik Legonkulon, Subang, sangat penting untuk irigasi pertanian. Namun, tingkat garam yang tinggi selama musim kering dapat berdampak negatif pada tanaman beras, menyebabkan penurunan pertumbuhan dan kerugian bagi petani. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat waktu nyata menggunakan teknologi IoT berdasarkan LoRa, menggunakan platform Thinkspeak untuk analisis data dan pelacakan GPS. Dengan menggunakan LoRa E22-900T30D, data kadar garam berhasil dikirim dari node pengirim ke node penerima dalam jarak efektif hingga 1,2 km di lingkungan pedesaan yang padat. Node penerima kemudian memproses data dan mengirimkannya ke ThingSpeak melalui koneksi WiFi NodeMCU ESP8266. Jika tingkat garam melebihi 2.500 PPM, ThingSpeak yang terintegrasi dengan Twilio akan mengirimkan peringatan melalui SMS. Alat ini akan didasarkan pada studi sastra, pengamatan lapangan, dan konsultasi. Hasilnya diharapkan untuk mengurangi efek negatif dari salinitas tinggi pada pertanian dan meningkatkan akurasi pemantauan tingkat garam air sungai. Implementasi alat ini akan membantu petani mengelola irigasi lebih baik, mendukung keberlanjutan pertanian di wilayah ini.

Referensi

[1] R. Hasibuan and M. Sembiring, “Hubungan Beberapa Faktor Produksi dan Salinitas Terhadap Produktivitas The Relationship of Several Production Factors and Salinity on the Productivity of Lowland Rice (Oryza sativa L.) in Rugemuk Village, Pantai Labu Sub District,” 2019. [Online]. Available: https://jurnal.usu.ac.id/agroekoteknologi

[2] F. N. Arifiani et al., “Pengaruh Bahan Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi (Oryza sativa L.) Tercekam Salinitas Effect of Organic Matter on the Growth and Yield of Rice (Oryza sativa L.) Under Salinity,” 2018.

[3] B. S. A. A. Achmad Anwari, “Rancang Bangun Alat Pemilah Sampah Organik Dan Anorganik Otomatis Berbasis Arduino Uno Untuk Kantin STT Texmaco Subang,” Jurnal Infotex, vol. 2, pp. 86–97, 2024.

[4] M. R. dan H. P. Ahmad Reza Hakimi, “Sistem Kontrol dan Monitor Kadar Salinitas Air Tambak Berbasis IoT LoRa,” JURNAL TEKNIK ITS, vol. 10, pp. A9–A14, 2021.

[5] milda gustiana husada, asep nana hermana Revinda imawan putra, “Pengukuran dan Perolehan Error Pada Sistem Monitoring Kondisi Ban Kendaraan,” 2022.

[6] A. Bastari, E. Saputra, and C. Wahyudianto, “DESIGN SMART MINE EXERCISE POSITIONING USING GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS).” [Online]. Available: www.sttal.ac.id,

[7] A. Hakim and M. Saefudin, “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Haversine Formula Pencarian Rumah Kost Daerah Jakarta Selatan,” Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 5, no. 2, p. 397, Nov. 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i2.640.

[8] H. W. F. N. dan R. M. Michael Paul Smart Simbolon, “Penerapan Komunikasi Nirkabel LoRa pada Sistem Pencatat Kehadiran Portabel,” JOURNAL OF APPLIED ELECTRICAL ENGINEERING, vol. 5, pp. 30–35, 2021.

[9] S. Mluyati and S. Sadi, “internet of things (iot) pada prototipe pendeteksi kebocoran gas berbasis mq-2 dan sim800l,” Jurnal Teknik, vol. 7, no. 2, 2019.

[10] Danes wara, “Pengertian Power Bank dan Cara Kerjanya,” https://barisandepan.com/pengertian-power-bank-dan-cara-kerjanya/.

[11] Admin, “Menghitung Kapasitas Powerbank,” Elektrologi Rekayasa Perangkat Elektronika.

Unduhan

Diterbitkan

09-10-2024

Terbitan

Bagian

Artikel